Cepat Pikun Karena Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

gambar pikun
gambar pikun

Makanan yang berasa manis memang banyak digemari oleh masyarakat. Tidak sedikit pula

makanan makanan yang terbuat dengan menyajikan rasa yang manis. Apakaha anda suka mengonsumsi makanan manis? Jika ya, sebaiknya mulai berpikir kembali untk lebih banyak atau lebih sering mengkonsumsi makanan-makanan rasa manis kegemaran Anda. Yang sudah kita ketahui mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan diabetes atau penyakit kencing manis selain itu mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas.
Tidak hanya disitu saja ternyata terlalu sering mengkonsumsi makanan manis serta dalam jumlah yang banyak dapat membuat diri kita menjadi cepat pikun. Mengonsumsi terlalu banyak makanan manis akan meningkatkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi dan tingginya kadar gula dalam darah dapat memicu terjadinya masalah pada kapasitas memori otak.

Para ilmuan pun telah meneliti dan telah menemukan bahwa dengan menjaga kadar gula darah dalam kondisi rendah atau dalam kondisi normal akan membawa dampak yang baik dan sehat bagi otak. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology yang mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki tingkat kadar gula darah lebih tinggi akan lebih rentan mengalami keluhan dan maslaah pada memori mereka.

Peneliti ini dilakukan pengujian terhadap 141 partisipan dengan rata-rata usia menginjak 63 tahun dan tidak memiliki history ataupun menderita penyakit diabetes ataupun pre-diabetes. Dan dari ke-141 partisipan penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang memiliki tingkat kadar gula darahnya rendah lebih cenderung tidak memiliki masalah saat melakukan tes memori. Sementara, mereka yang memiliki tingkat kadar gula darah yang tinggi cenderung lebih sulit dalam mengingat 15 kata, 30 menit setelah mereka mendengarnya.

Peningkatan sekitar 7 mmol/mol dari glukosa HbA1c sama dengan mengurangi ingatan terhadap 2 kata. Dr. Agnes Floel dari Charite University Hospital di Berlin menyatakan: ‘Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahkan orang dengan kadar gula darah normal, dapat terhindar dari masalah kepikunan pada saat usia lanjut, dengan menjaga tingkat kadar gula darah mereka agar tetap normal.’

Nah setelah menyimak penjelasan artikel diatas sudah tahu bukan efek dari makanan manis bukan hanya dapat memicu penyakit kencing manis namun juga dapat memicu kepikunan. Untuk itu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *