Manfaat dan Khasiat Cabai untuk Kesehatan Manusia

Gambar Cabai
Gambar Cabai

Dibalik rasanya yang pedas dan menggigit, ternyata ada begitu banyak khasiat cabai yang bisa kita dapatkan. Cabai merupakan salah satu jenis bumbu masakan. Cabai memiliki rasa pedas yang bisa menambah semarak makan anda. Biasanya masyarakat menggunakan cabai sebagai bahan baku sambal atau masakan lainnya. Ada beberapa jenis cabai, yaitu cabai hijau, cabai rawit, cabai merah, cabai keriting, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki sensasi rasa pedas yang tidak jarang membuat orang yang memakannya menjadi sakit perut, tetapi cabai sebenarnya mengandung banyak vitamin yang berguna untuk manusia. Bagi anda yang merasa penasaran, berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat yang bisa didapatkan dari cabai.

Khasiat Cabai untuk Manusia
Mungkin masih sedikit orang yang tahu bahwa salah satu khasiat cabai adalah anti iritasi. Cabai terkhusus cabai rawit mampu membantu untuk meredakan tenggorokan kering, batuk, dan bahkan diare. Cabai rawit juga sekaligus membantu untuk memecah dan mengeluarkan lendir. Jika lendir sudah keluar maka biasanya akan diikuti dengan pemulihan dari flu. Bagi anda yang sering migren, ternyata cabai bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Serbuk cabai memiliki kemampuan dalam mestimulasi respon rasa sakit pada bagian tubuh yang berbeda. Akhirnya otak mengalihkan perhatian ke lokasi baru yang terasa sakit. Akibatnya seiring dengan munculnya reaksi rasa sakit ini, syaraf mengosongkan cairan P dan persepsi rasa sakit yang muncul akibat migren berkurang.

Ternyata cabai membantu proses detoksifikasi. Cabai khususnya jenis cabai rawit dikenal sebagai stimulan peredaran darah. Cabai rawit mampu untuk meningkatkan denyut lymphatic dan rime pencernaan. Dengan memanaskan tubuh, proses detoksifikasi alami tubuh dipersingkat. Cabai juga membuat tubuh menjadi berkeringat. Dengan berkeringat maka tubuh akan mengalami proses detoksifikasi. Untuk merasakan khasiat cabai dalam mendetoksifikasi, anda bisa membuat teh cabe yang digabung bersama lemon dan madu. Minuman ini bisa diminum ketika pagi dan akan menjadi sangat baik untuk detoksifikasi secara menyeluruh.

Selain membantu dalam detoksifikasi, siapa yang menyangka bahwa cabai bisa membantu melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan karena cabai mampu menstimulasi sistem pencernaan, meningkatkan arus produksi enzim dan asam lambung. Sehingga tubuh pun terbantu dalam proses metabolisasi makanan dan racun. Serbuk cabai juga membantu dalam mengeluarkan gas dalam tubuh. Selain itu, serbuk cabai juga turut membantu dalam menstimulasi gerakan peristaltic perut sehingga proses asimilasi dan eliminasi pun dapat terbantu. Cabai juga memiliki sifat anti inflamasi. Dimana sifat cabai yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk pengobatan arthritis, diabetes, psoriasis, dan kerusakan syaraf yang berhubungan dengan herpes. Satu lagi khasiat cabai yang juga penting bagi pencernaan, yaitu memberikan stimulan dalam memproduksi air liur.

sumber : www.nutrition-and-you.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *